Revitalisasi Proses Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP It Al Qur’an dan Dakwah Alam (ADA) Secang Kabupaten Magelang
Abstract
Siswa SMPIT Al-Qur’an dan Dakwah Alam (ADA) berasal dari
berbagai macam propinsi yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.
Munculnya konflik-konflik diantara siswa adalah hal yang tidak bisa
dihindari. Budaya dan kebiasaan yang dilakukan siswa bervariasi dan
terkadang ada kebiasaan yang negatif yang muncul. untuk
mengendalikan keadaan tersebut maka dibuatlah sistem pengaturan
dan pengendalian dengan cara revitalisasi proses pembelajaran.
Karakter siswa dibentuk dengan beberapa strategi tertentu sehingga
karakter tersebut muncul dan membentuk nilai moral yang baik.
Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPIT ADA mengambil
nilai-nilai pendidikan multikultural. Pendidikan Multikultural adalah
strategi pendidikan yang diaplikasikan pada semua jenis mata
pelajaran dengan cara menggunakan perbedaan-perbedaan kultural
yang ada pada para siswa. Fokus dan pertanyaan Penelitian yaitu:
Bagaimana revitalisasi proses pembelajaran di SMPIT ADA? dan
Bagaimana hasil revitalisasi proses pembelajaran dalam
pembentukan karakter siswa di SMPIT ADA?.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berbeda dengan peneliti
yang terdahulu terutama didalam fokus pembahasan penelitian.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tempat penelitian
di SMP IT Al Qur’an dan Dakwah Alam Secang, Kab. Magelang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
fenomenologi. Teknik pengambilan sampel sumber data
menggunakan Purposive sampling dan Snowball sampling. Adapun
beberapa Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini antara lain: Observasi, Interview dan Dokumentasi. langkahlangkah
dalam penelitian yaitu: pengumpulan data, reduksi data.
penyajian data, dan kesimpulan, pengujian validasi dilakukan dengan
metode trianggulasi.
Revitalisasi yang ditemukan didalam penelitian ini yaitu :
Revitalisasi metode pembelajaran, Revitalisasi Praktek Program
kegiatan siswa, Revitalisasi Program Unggulan, dan Revitalisasi pengelolaan konflik. Hasil revitalisasi proses pembelajaran dalam
pembentukan karakter siswa di SMPIT ADA yang paling menonjol
adalah Religiusitas sub nilai yang terbentuk adalah nilai spiritual,
toleransi, cinta damai dan silaturrahim. Sedang nilai karakter lainnya
sudah muncul tetapi tidak sedominan nilai religiusitas.