Female Online Shoppers Examining The Mediating Roles Of E-Satisfaction And E-Trust On E-Loyalty Development
Abstract
Seiring persaingan e-tail (elekronik retail) atau e-commerce, membuat semakin banyak
pelanggan wanita berbelanja online. Dengan demikian, memahami bagaimana loyalitas
pelanggan wanita terbentuk dalam jenis toko online ini menjadi sangat penting. Tujuan dari
penelitian ini adalah fokus pada pembeli online wanita pada Shopee dan untuk memeriksa
mediator loyalty (e-loyality) dalam konteks toko online: kepuasan (e-satisfaction) dan
kepercayaan (e-trust). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner berdasarkan Skala
Likert dengan jumlah 255 responden. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis
Structural Equation Modeling (SEM) dan analisis regresi moderat dengan bantuan SPSS dan
LISREL. Penelitian ini mengungkapkan bahwa privasi online yang dirasakan tidak memiliki efek
langsung dan positif yang terkait dengan kepercayaan (e-trust). Persepsi keamanan online
berpengaruh positif pada kepercayaan (e-trust). Selain itu, persepsi waktu pengiriman dan desain
situs web secara positif terkait dengan kepuasa. E-trust dan e-satisfaction pada gilirannya
memengaruhi e-loyalty untuk pembeli online wanita.
Keyword: e-Loyalty, e-Satisfaction, e-Trust, Female online shoppers,Perceived online privacy,
Perceived online security
Collections
- Management [4703]