STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA FASHION BUSANA MUSLIMAH PERSPEKTIF ISLAM DI YOGYAKARTA
Abstract
Pengembangan produk adalah suatu aktivitas yang dilakukan dalam menghadapi perubahan kearah yang lebih baik atau memperbaharui produk lama kebaru, sehingga dapat memenuhi dan memberikan kepuasan terhadap konsumen. Busana muslimah yang sesuai dengan dalil di Alqur’an dan sunnah yaitu : menutupi seluruh tubuh, warna pakaian tidak mencolok, tidak transparan, longgar dan tidak ketat, tidak menyerupai lawan jenis dan tidak menyerupai perempuan non muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan produk pada fashion busana muslimah pada Gamis Amika, Dafh Hijab dan Koppi Holic serta berdasarkan perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menghasilkan data yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dengan metode wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk busana muslimah berdasarkan perspektif Islam ditinjau dari desain produk dengan ide/gagasan yang berbeda pada tiga bisnis yaitu di Gamis Amika hanya terkadang mengikuti tren mode fashion, di Dafh Hijab selalu mengikuti tren mode fashion dan di Koppi Holic tidak mengikuti tren mode fashion. Sedangkan berdasarkan perspektif Islam ketiga bisnis busana muslimah tersebut sudah mengikuti ketentuan syariat Islam.
Collections
- Islamic Economics [826]