STRATEGI PEMASARAN KSPPS BMT BUS DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PRODUK SIMPANAN “DEPOSITO MUDHARABAH” DI KSPPS BMT BINA UMMAT SEJAHTERA CABANG MAGUWOHARJO YOGYAKARTA
Abstract
Maguwoharjo Yogyakarta untuk meningkat jumlah nasabah pada produk Deposito Mudharabah. Oleh karena itu, dalam melakukan strategi pemasaran, KSPPS BMT BUS harus menentukan langkah-langkah yang tepat demi keberlangsungan suatu bisnis atau usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam peningkatan jumlah nasabah khususnya pada produk simpanan deposito mudharabah di KSPPS BMT BUS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mendiskripsikan, menganalisis hasil penelitian dan kemudian membuat kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada strategi pemasaran yang dilakukan oleh KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) Cabang Maguwoharjo Yogyakarta menggunakan strategi jemput bola dan penyuluhan atau sosialisasi beserta membagikan brosur kepada nasabah yang datang. Sedangkan dalam upaya peningkatan jumlah nasabah pada produk simpanan deposito mudharabah KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera (BUS) melakukan breffing, kunjungan setiap hari, minggu dan bulan, melakukan peninjauan setiap tahunnya apabila ada penurunan nasabah, mengadakan penyuluhan kepada masyarakat umum ataupun pelaku usaha beserta membagikan brosur khususnya tentang produk deposito mudharabah.
Collections
- Islamic Economics [826]