Show simple item record

dc.contributor.authorNovita Aris Widiyastuti, 01311318
dc.date.accessioned2019-09-19T07:57:50Z
dc.date.available2019-09-19T07:57:50Z
dc.date.issued2005-06-13
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15600
dc.description.abstractTuntunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki daya saing korelasi dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan semakin ketatnya persaingan di berbagai sektor menyebabkan sistem ekonomi dan dunia usaha sebagian besar beroperasi dengan sumber daya yang relatif terbatas. Tidak sedikit kita jumpai orang-orang, atau komponen-komponen yang harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan jasa. Kejadian garis tunggu timbul disebabkan olen kebutuhan akan layanan melebihi kemampuan (kapasitas) pelayanan atau fasilitas layanan, sehingga pelanggan yang tiba tidak bisa segera mendapat layanan disebabkan kesibukan pelayanan. Masalah antrian juga terjadi di UPJ Sleman, yaitu banyak pelanggan yang harus menunggu untuk melakukan pembayaran rekening Hs:trik, namun masalah antrian ini dapat diatasi oleh perusahaan dengan jalan mengoperasikan sebanyak 2 (dua) loket yang menggunakan model multi channel-single phase untuk melayani pelanggan yang akan melakukan pembayaran rekening listrik di UPJ Sleman. Tujuan dari pemecahan masalah antrian adalah untuk menentukan jumlah fasilitas yang optimal yang dapat meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan. Metode-metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, metode perhitungan biaya fasilitas layanan clan metode pengambilan sampel perpaduan antara convenience sampling dengan judgement sampling. Hasil penelitian yang diperoleh setelah melakukan observasi langsung di UPJ Sleman pada loket I dan II bagian pembayaran rekening listrik adalah bahwa loket yang sudah ada saat ini, yaitu 2 (dua) loket merupakan jumlah loket paling optimal yang dapat meminimalkan biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi Antrianen_US
dc.subjectPT. PLN (Persero)en_US
dc.subjectUnit Pelayanan Jaringan (UPJ) Slemanen_US
dc.titleEvaluasi Antrian pada PT. PLN (Persero) Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Slemanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record