Analisis Pengaruh Hubungan Ekuitas Merek Berbasis Konsumen pada Minat Beli :Industri Smartphone di Yogyakarta”.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hubungan ekuitas merek berbasis konsumen yang dikembangkan oleh Aaker (1991), yaitu kesadaran merek, citra merek, persepsi kualitas dan loyallitas merek terhadap minat beli konsumen pada
industri smartphone di Yogyakarta. Dalam penelitian ini populasinya adalah masyarakat di Yogyakarta. yang pernah menggunakan ataupun membeli produk smartphone, tanpa membatasi pengguna elektronik dari konsumen produk lainnya. Populasi ini dipilih karena adanya keragaman, cepat tanggap, serta peka terhadap perubahan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden. Dengan menggunakan teknik convinience sampling, yaitu peneliti memiliki kebebasan untuk memilih siapa saja yang ditemukan untuk dijadikan responden. Dalam hal ini jalur yang digunakan untuk mendistribusikan kuesioner tersebut, adalah menggunakan hard copy. Dari data mentah ini kemudian dipilih dan disaring untuk memperoleh data yang berkualitas. Dari hasil penelitian ini, menemukan bahwa ada hubungan yang positif antra kesadaran merek (BA), citra Merek (BI), persepsi kualitas (PQ), loyalitas merek (BL) terhadap minat beli \(PI) smartphone. Temuan pada penelitian ini memberikan informasi mengenai ekuitas merek seperti mengenal merek tersebut, citra dari merek tersebut, persepsi mengenai
merek tersebut dan loyalitas terhadap merek tersebut pada minat pembellian smartphone merek tertentu dari sudut pandang konsumen
Collections
- Management [4703]