Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriyanto Abdi, S.Ag., MCCA
dc.contributor.authorALFI RIF’ATUL MAHMUDAH, 15422060
dc.date.accessioned2019-09-13T04:09:55Z
dc.date.available2019-09-13T04:09:55Z
dc.date.issued2019-07-25
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15388
dc.description.abstractLahirnya para generasi Z ini menjadi salah satu pengaruh dan tantangan bagi pendidikan yang kekinian. Dalam menghadapi era digital ini sudah saat nya untuk mengubah paradigma proses pembelajaran di dalam kelas menjadi suatu proses yang penuh dengan inovasi. Bukan lagi pembelajaran yang konvensional. Sementara para pendidiknya yang lahir pada era sebelumnya masih belum terbiasa dengan penggunaan berbagai teknologi dalam pembelajaran. Inilah yang menjadi gap antara guru dengan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh karakteristik generasi Z terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 & 2018 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2) mengetahui seberapa besar pengaruh karakteristik Generasi Z terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 & 2018 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitaif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan agama islam angkatan 2017 dan 2018 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta sejumlah 36 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif karakteristik generasi Z terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan agama islam angkatan 2017 & 2018 Universitas Islam Indonesia. Berdasarkan analisa data menggunakan analisis regresi linier sederhana menghasilkan F hitung sebesar 13,970 sedangkan nilai signifikansi 0,001 berarti lebih kecil dari 0,05 dengan demikian maka Ha diterima karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05) dan Ho ditolak. 2) diketahui besar pengaruh karateristik generasi Z terhadap motivasi belajar sebesar 29,1%. Hal ini menunjukkan masih ada 70,9% yang dipengaruhi oleh faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPengaruhen_US
dc.subjectGenerasi Zen_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.titlePENGARUH KARAKTERISTIK GENERASI Z TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2017 & 2018 UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTAen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record