PENGARUH KARAKTERISTIK GENERASI Z TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2017 & 2018 UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA
Abstract
Lahirnya para generasi Z ini menjadi salah satu pengaruh dan tantangan bagi
pendidikan yang kekinian. Dalam menghadapi era digital ini sudah saat nya untuk
mengubah paradigma proses pembelajaran di dalam kelas menjadi suatu proses
yang penuh dengan inovasi. Bukan lagi pembelajaran yang konvensional.
Sementara para pendidiknya yang lahir pada era sebelumnya masih belum terbiasa
dengan penggunaan berbagai teknologi dalam pembelajaran. Inilah yang menjadi
gap antara guru dengan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui
pengaruh karakteristik generasi Z terhadap motivasi belajar mahasiswa Pendidikan
Agama Islam angkatan 2017 & 2018 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2)
mengetahui seberapa besar pengaruh karakteristik Generasi Z terhadap motivasi
belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan 2017 & 2018 Universitas
Islam Indonesia Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitaif
dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Subjek penelitian ini
adalah mahasiswa pendidikan agama islam angkatan 2017 dan 2018 Universitas
Islam Indonesia Yogyakarta sejumlah 36 mahasiswa. Teknik analisis data
menggunakan uji regresi linier sederhana
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif
karakteristik generasi Z terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan agama
islam angkatan 2017 & 2018 Universitas Islam Indonesia. Berdasarkan analisa data
menggunakan analisis regresi linier sederhana menghasilkan F hitung sebesar
13,970 sedangkan nilai signifikansi 0,001 berarti lebih kecil dari 0,05 dengan
demikian maka Ha diterima karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001 <
0,05) dan Ho ditolak. 2) diketahui besar pengaruh karateristik generasi Z terhadap
motivasi belajar sebesar 29,1%. Hal ini menunjukkan masih ada 70,9% yang
dipengaruhi oleh faktor yang lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Islamic Education [862]