PENGARUH PENGGUNAAN E-BANKING TERHADAP KONSUMTIVISME (Studi Kasus Mahasiswa FE UII)
Abstract
Kemajuan teknologi yang semakin cepat dalam bidang sosial, budaya, dan ekonomi mendorong perkermbangan pada sektor perbankan, yaitu dengan menyediakan layanan e-banking. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi penggunaan e-banking dan pengaruhnya terhadap konsumtivisme pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang menggunakan e-banking. Data yang digunakan adalah data primer yang berupa kuesioner yang disebarkan pada 120 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan kombinasi model Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory Planned Behavior (TPB). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ketersediaan fitur, kualitas layanan, kepercayaan dan pengaruh sosial secara parsial dan simultan berpengaruh positif terhadap penggunaan e-banking, dan penggunaan e-banking berpengaruh positif dengan konsumtivisme.
Collections
- Akuntansi [4403]