ANALISIS QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYEMENT) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PADA AEGIS COFFEE DI YOGYAKARTA
Abstract
Seiring berkembangnya zaman, perusahaan memiliki banyak tantangan seperti penurunan atau peningkatan kinerja. Saat ini, coffee shop menjadi tren di berbagai kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua dan merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena dapat menghasilkan omzet yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Aegis Coffee meningkatkan kualitas layanan menggunakan metode QFD. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan 35 responden yang dihasilkan dengan SPSS dan satu orang yang di wawancarai, juga survei langsung di Aegis Coffee untuk menemukan voice of customer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa coffee shop perlu diperhatikan yang harus dijaga dan dimaksimalkan adalah keramahan untuk melayani pelanggan, fasilitas hotspot, ketersediaan toilet, dan lingkungan yang nyaman.
Collections
- Management [4552]