Analisis Strategi Pemasaran Bank Pembangunan Daerah Propinsi DIY
Abstract
Perbankan di Indonesia pada saat ini berada dalam situasi persaingan yang
demikian majemuk dan sengit, hal ini ditandai dengan kian serunya persaingan
dalam pemasaran produk-produk perbankan. Untuk itu, perlu adaptasi bagi
perbankan menghadapi situasi ini, tak terkecuali Bank BPD DIY sebagai bank
yang beroperasi di wilayah DIY.
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor eksternal dan internal yang
mempengaruhi kemudian mencari alternatif strategi dan akhirnya menyarankan
suatu strategi yang tepat bagi BPD DIY dalam menghadapi persaingan. Alat
analisis yang digunakan adalah SWOT.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa BPD DIY saat ini menerapkan
strategi S-O (strenght-opportunities), yaitu menciptakan strategi meraih peluang
dengan kekuatan yang dimiliki. Kekuatan internal yang dimiliki BPD DIY,
diantaranya adalah: lini produk, pengembangan SDM, pangsa pasar, dan posisi
kredit. Variabel eksternal yang menjadi peluang bagi perusahaan adalah:
kebijakan pemerintah, pertumbuhan industri, persaingan suku bunga, dan
fluktuasi nilai tukar Rupiah.
Collections
- Management [4703]