Analisis Sikap Konsumen terhadap Produk Jamu Tradisional Sido Muncul di Kota Semarang
Abstract
Latar belakang dalam penyusunan skripsi ini adalah adanya perkembangan
dunia usaha yang semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi
pada saat ini mengakibatkan munculnya produk-produk kesehatan yang dapat
menunjang aktivitas masyarakat. Salah satunya adalah produk jamu tradisional
Sido Muncul yang mengeluarkan berbagai produk jamu tradisional.
Pada skripsi ini, penulis meneliti tentang sikap konsumen terhadap produk
jamu tradisional Sido Muncul serta menganalisis ada/tidaknya perbedaan sikap
konsumen berdasarkan karakteristiknya yaitu gender, usia dan tingkat
penghasilan. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada
responden yaitu para pengguna produk jamu tradisional Sido Muncul di Kota
Semarang dengan menggunakan metode convenience sampling dengan jumlah
sampel sebanyak 96 responden.
Untuk menganalisis sikap konsumen tersebut digunakan model analisis
sikap Fishbein dan uji beda Kruskal Wallis. Dalam analisis sikap Fishbein,
pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan variabel keyakinan (bi)
dan evaluasi (ei) atas atribut-atribut produk yang digunakan. Variabel-variabel
tersebut kemudian dikalikan untuk memperoleh indeks sikap konsumen yang
diukur menggunakan skala Likert 4 tingkat. Kemudian untuk analisis Kruskal
Wallis, keputusan dalam menerima atau menolak dilihat dari perhitungan Chi
Square. Apabila Chi Square hitung lebih kecil dibanding Chi Square tabel maka
Ho diterima dan Ha ditolak sebaliknya apabila Chi Square hitung lebih besar
dibanding Chi Square tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan analisis Fishbein yang dilakukan, diketahui bahwa konsumen
mempunyai sikap yang baik terhadap atribut dari produk jamu tradisional Sido
Muncul. Sedangkan dari hasil analisis Kruskal Wallis juga dinyatakan tidak ada
perbedaan sikap konsumen terhadap atribut dari jamu tradisional Sido Muncul
berdasarkan karakteristik konsumen.
Collections
- Management [4534]