Show simple item record

dc.contributor.authorRahmania, Siti
dc.date.accessioned2019-06-19T02:53:14Z
dc.date.available2019-06-19T02:53:14Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/14638
dc.description.abstractPenelitian ini untuk menetapkan bagaimana sikap konsumen dalam menggunakan jasa Kereta Api Eksekutif Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya dan perbedaannya berdasarkan karakteristik konsumen. Sikap adalah sebagai gambaran penilaian kognitif yang baik maupun yang tidak baik, perasaaan-perasaan emosional dan kecenderungan berbuat yang bertahan selama waktu tertentu terhadap beberapa obyek atau gagasan (Kotler, 2001). Adapun lokasi penelitian di stasiun Tugu Yogyakarta dengan pengambilan sampel di atas Kereta Api Eksekutif Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya. Variabel penelitian dengan karakteristik konsumen yaitu: Gender, terdiri dari laki-laki dan perempuan; Usia, terdiri dari <25 tahun, 26- 46 tahun, > 47 tahun; Pekerjaan, terdiri dari Pegawai Negeri/Polri/TNI Wiraswasta/Pegawai Swasta, Ibu Rumah Tangga/Pensiun, Pelajar/Mahasiswaj Jumlah pengeluaran setiap bulan terdiri dari <Rp 1juta, Rp 1-2 juta, >Rp 2juta! Atribut pelyanan terdiri dari Kebersihan ruangan; Snack dan air minum; Toilet yang bersih; Akses restorasi; Berpendingin ruangan; Posisi tempat duduk yang dapat diatur; Ketepatan waktu keberangkatan; Ketepatan waktu kedatangan; Petugas yang cepat tanggap; Keselamatan konsumen; Rasa aman; Petugas yang sopan; Petugas yang ramah. Instrumen pengumpul data menggunakan uji validitas korelas'i product moment dengan taraf signifikansi 5%dan uji reliabilitas dengan cronbach's alpha coeffisient 0.60. Data yang digunakan adalah data primer dengan metode pengumpulan data kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling model convinience sampling dengan jumlah responden 96. Analisis untuk menetapkan sikap konsumen dengan menggunakan metode Fisbein dan untuk perbedaan sikap berdasarkan karakteristik konsumen menggunakan uji Kruskal Wallis dibantu dengan menggunakan software SPSS 11.5. Hasil penelitian yang didapat bahwa: Berdasarkan gender terdapat perbedaan terhadap atribut tempat duduk dan petugas yang ramah; Berdasarkan usia terdapat perbedaan pada atribut akses restorasi; Berdasarkan jenis pekerjaan terdapat perbedaan pada atribut toilet yang bersih dan keselamatan konsumen; berdasarkan pengeluaran setiap bulan menunjukkan tidak adanya perbedaan sikap.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Sikap Konsumenen_US
dc.subjectJasa Kereta Api Eksekutif Sancakaen_US
dc.subjectJurusan Yogyakarta-Surabayaen_US
dc.titleAnalisis Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Eksekutif Sancaka Jurusan Yogyakarta-Surabayaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record