Analisis Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Kereta Api Eksekutif Sancaka Jurusan Yogyakarta-Surabaya
Abstract
Penelitian ini untuk menetapkan bagaimana sikap konsumen dalam
menggunakan jasa Kereta Api Eksekutif Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya dan
perbedaannya berdasarkan karakteristik konsumen. Sikap adalah sebagai gambaran
penilaian kognitif yang baik maupun yang tidak baik, perasaaan-perasaan emosional
dan kecenderungan berbuat yang bertahan selama waktu tertentu terhadap beberapa
obyek atau gagasan (Kotler, 2001). Adapun lokasi penelitian di stasiun Tugu
Yogyakarta dengan pengambilan sampel di atas Kereta Api Eksekutif Sancaka
jurusan Yogyakarta-Surabaya. Variabel penelitian dengan karakteristik konsumen
yaitu: Gender, terdiri dari laki-laki dan perempuan; Usia, terdiri dari <25 tahun, 26-
46 tahun, > 47 tahun; Pekerjaan, terdiri dari Pegawai Negeri/Polri/TNI
Wiraswasta/Pegawai Swasta, Ibu Rumah Tangga/Pensiun, Pelajar/Mahasiswaj
Jumlah pengeluaran setiap bulan terdiri dari <Rp 1juta, Rp 1-2 juta, >Rp 2juta!
Atribut pelyanan terdiri dari Kebersihan ruangan; Snack dan air minum; Toilet yang
bersih; Akses restorasi; Berpendingin ruangan; Posisi tempat duduk yang dapat
diatur; Ketepatan waktu keberangkatan; Ketepatan waktu kedatangan; Petugas yang
cepat tanggap; Keselamatan konsumen; Rasa aman; Petugas yang sopan; Petugas
yang ramah. Instrumen pengumpul data menggunakan uji validitas korelas'i product
moment dengan taraf signifikansi 5%dan uji reliabilitas dengan cronbach's alpha
coeffisient 0.60. Data yang digunakan adalah data primer dengan metode
pengumpulan data kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
non-probability sampling model convinience sampling dengan jumlah responden 96.
Analisis untuk menetapkan sikap konsumen dengan menggunakan metode Fisbein
dan untuk perbedaan sikap berdasarkan karakteristik konsumen menggunakan uji
Kruskal Wallis dibantu dengan menggunakan software SPSS 11.5. Hasil penelitian
yang didapat bahwa: Berdasarkan gender terdapat perbedaan terhadap atribut tempat
duduk dan petugas yang ramah; Berdasarkan usia terdapat perbedaan pada atribut
akses restorasi; Berdasarkan jenis pekerjaan terdapat perbedaan pada atribut toilet
yang bersih dan keselamatan konsumen; berdasarkan pengeluaran setiap bulan
menunjukkan tidak adanya perbedaan sikap.
Collections
- Management [4534]