Analisis Strategi Bisnis pada Industri Pandanaran Ceramics di Klaten - Jawa Tengah
Abstract
Penelitian ini mengenai analisis strategi bisnis yang dilakukan industri
Pandanaran Ceramics (PC) dengan judul "Analisis Strategi Bisnis pada Industri
Pandanaran Ceramics di Klaten - Jawa Tengah ".
Perusahaan Pandanaran Ceramics Klaten adalah salah satu dari produsen
keramik di Jawa Tengah. Dikarenakan banyaknya produsen keramik maka
menyebabkan timbulnya persaingan serta berubahnya selera konsumen terhadap
produk keramik. Untuk mengantisipasi persaingan yang terjadi dan perubahan selera
konsumen maka Pandanaran Ceramics perlu melaksanakan strategi bisnis yang tepat
agar dapat memenangkan persaingan.
Penelitian ini diarahkan pada strategi yang diterapkan perusahaan selama ini,
yang bertujuan untuk mengetahui besarnya kekuatan bisnis dan daya tarik industri
terhadap perusahaan yang kemudian digunakan untuk menentukan posisi bisnis
perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran untuk masa yang akan datang.
Oleh karena itu pihak manajemen Pandanaran Ceramics perlu memperhatikan
perubahan yang terjadi dilingkungan bisnisnya yang merupakan faktor eksternal
maupun faktor internal. Dari faktor eksternal akan diketahui daya tarik industri
sedangkan dari faktor internal akan diketahui kekuatan bisnis perusahaan yang
semuanya akan sangat membantu dalam menentukan strategi bisnis yang tepat.
Dalam mengumpulkan data digunakan metode wawancara, daftar pertanyaan
(kuesioner) dan teknik kepustakaan. Alat analisis yang digunakan untuk mengolah
data yang diperoleh adalah analisis Matrik Daya Tarik Industri (MDTI) yang
digunakan untuk menentukan posisi bisnis perusahaan dalam persaingan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi bisnis perusahaan berada pada
bagian sel pertumbuhan selektif matriks MDTI, ini berarti perusahaan Pandanaran
Ceramics merniliki peluang bisnis yang cukup prospektif untuk berkembang lebih
lanjut sebagai perusahaan yang dapat meningkat karena keunggulan atau kekuatan
yang dimilikinya.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Pandanaran Ceramics merniliki
kekuatan bisnis yang tinggi dengan daya tarik industri yang cukup. Oleh. karena itu
strategi bisnis yang tepat digunakan adalah menggunakan strategi pengembangan
produk.
Collections
- Management [4527]