Evaluasi Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Pada Indomaret Point Gejayan Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kualitas Layanan dan Kualitas Produk pada Indomaret Point Gejayan di Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Indomaret Point Gejayan di Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 responden. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling dan kriteria sampel ditentukan dengan pengumpulan informasi dari target spesifik karena setiap elemen populasi tidak memiliki karakter yang sama untuk menjadi sampel penelitian, tetapi hanya elemen populasi yang memenuhi syarat tertentu yang akan ditetapkan menjadi sampel dalam penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel kualitas layanan yang terdiri dari dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik yang memiliki penilaian terbaik adalah dimensi empati dan yang memiliki penilaian terendah adalah dimensi bukti fisik. Sedangkan pada variabel kualitas produk yang terdiri dari dimensi karakter, fitur, keandalan, kesesuaian, ketahanan, perbaikan, penampilan, dan persepsi konsumen yang memiliki penilaian terbaik adalah dimensi fitur dan yang memiliki penilaian terendah adalah dimensi persepsi konsumen.
Collections
- Management [4527]