dc.contributor.advisor | RR. Ratna Roostika, S.E., MAC., Phd. | |
dc.contributor.author | Hari Rizki Ananda, 14311651 | |
dc.date.accessioned | 2019-03-18T07:10:50Z | |
dc.date.available | 2019-03-18T07:10:50Z | |
dc.date.issued | 2019-02-13 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14180 | |
dc.description.abstract | Perkembangan teknologi internet telah merubah perilaku konsumsi individu
terhadap suatu barang atau jasa. Dan telah terjadi pergeseran di masyarakat
Indonesia mengenai perilaku transaksi dari offline menjadi online. Memunculkan
peluang bagi industri keuangan dalam memberikan layanan jasa keuangan
(financial service). layanan transaksi pembelian atau pembayaran yang dikelola
oleh perusahaan pembayaran berbasis teknologi (payment gateway) dengan
menggunakan perangkat smartphone atau mobile payment menjadi salah satu jenis
bisnis fintech yang berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.
Peneliti menyadari bahwa perilaku individu dalam menerima dan mengadopsi
suatu teknologi bergantung pada intensi mereka terhadap teknologi tersebut.
Namun, penggunaan suatu teknologi (Mobile payment) untuk melakukan transaksi
dan mengkonsumsi suatu produk atau jasa dalam jaringan masih terbatas. Pada
penelitian ini, data yang digunakan sebanyak 639 responden pengguna layanan
mobile payment di beberapa kota di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta
dan Surabaya. Peneliti mengkonseptualisasikan TAM sebagai konstruk yang
multidimensional yang terdiri atas persepsi kegunaan, persepsi kemudahan
menggunakan, persepsi keamanan, persepsi kompatibilitas, dan sikap serta
menguji dampaknya pada intensi konsumsi menggunakan layanan mobile
payment. Menggunakan partial leats square structural equation modeling (PLS-
SEM), hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara TAM, persepsi keamanan, persepsi kompatibilitas, sikap dan intensi. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Mobile Payment | en_US |
dc.subject | Fintech | en_US |
dc.subject | TAM | en_US |
dc.subject | technology acceptance model | en_US |
dc.subject | persepsi kegunaan | en_US |
dc.subject | persepsi kemudahan menggunakan | en_US |
dc.subject | persepsi keamanan | en_US |
dc.subject | persepsi kompatibilitas | en_US |
dc.subject | sikap | en_US |
dc.subject | intensi | en_US |
dc.title | PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN MENGGUNAKAN, PERSEPSI KEAMANAN, DAN PERSEPSI KOMPATIBILITAS TERHADAP INTENSI MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE PAYMENT DI INDONESIA. | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |