Pengaruh Keterlibatan Produk terhadap Loyalitas Merek melalui Persepsi Harga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untk mengetahui pengaruh keterlibatan produk terhadap loyalitas merek melalui persepsi harga. Persepsi harga yang digunakan pada penelitian ini terdapat 7 jenis yaitu Value Consciousness (kesadaran nilai), Price Consciousness (kesadaran harga), Sale Proneness (kecenderungan penjualan), Coupon Proneness (kecenderungan kupon), Price Mavenism (mavenisme harga), Price-Quality Schema (skema harga dan kualitas) dan Prestige Sensitivity (sensitivitas prestise).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu semua individu yang mempunyai tanggung jawab belanja kebutuhan sehari-hari atau convenience product dalam hal ini yaitu produk shampoo. Sedangkan sampel pada penelitian ini yaitu 150 responden yang merupakan pelanggan shampoo di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan ke 150 responden dan terlebih dahulu telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan program LISREL.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Keterlibatan produk berpengaruh negatif terhadap loyalitas merek; (2) Keterlibatan produk berpengaruh positif terhadap keseluruhan variabel persepsi harga yaitu kesadaran nilai, kesadaran harga, kecenderungan penjualan, kecenderungan kupon, mavenisme harga, skema kualitas harga, dan sensitivitas prestise; (3) Kesadaran nilai dan sensitivitas prestise berpengaruh negatif terhadap loyalitas merek. Sedangkan kesadaran harga, kecenderungan penjualan, kecenderungan kupon, mavenisme harga dan skema kualitas harga berpengaruh positif terhadap loyalitas merek,
Collections
- Management [4527]