Budaya Organisasi CV. Living Space Concept Store & Cafe
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dari proses
terbentuknya budaya organisasi di CV. Living Space Concept Store & Cafe, bagaimana
budaya disana berkembang, dan juga seberapa kuat budaya yang telah terbentuk.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian
ini sebanyak 3 orang, yaitu pendiri yang sekaligus menjadi pimpinan dari CV. Living
Space Concept Store & Cafe, head bar, dan shop keeper. Pengumpulan data dengan
metode wawancara, observasi, dan kajian dokumen.
Berdasarkan hasil wawancara, budaya organisasi CV. Living Space Concept Store
& Cafe sebenarnya sudah terbentuk sejak pertama kali perusahaan ini didirikan. Pendiri
perusahaan telah menanamkan nilai-nilai dan norma yang berlaku kepada seluruh anggota
organisasi sebagai pedoman dalam berperilaku. Keberhasilan penerapan budaya
organisasi diikuti dengan proses sosialisasi budaya melalui pelatihan yang dilakukan oleh
seorang pemimpin atau oleh orang-orang yang mempunyai banyak pengalaman cukup
lama sebagai anggota organisasi. Pelatihan diberikan kepada karyawan sejak seorang
karyawan baru mulai bekerja, yaitu dengan menanamkan nilai- nilai serta menceritakan
budaya yang ada pada organisasi, sehingga sejak menjadi karyawan baru, nilai-nilai dan
norma yang berlaku sudah menjadi pedoman karyawan tersebut dalam berpeilaku. Pada
akhirnya dapat disimpulkan bahwa budaya organisasi di CV. Living Space Concept Store
& Cafe sudah berjalan cukup baik dengan adanya nilai- nilai yang ada pada budaya
organisasi seperti nilai saling percaya, integritas, peduli, dan pembelajar.
Collections
- Management [4545]