PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DENGAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN PERAIH KATEGORI TOP BRAND )
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari corporate social responsibility terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen dari Waroeng Group yang di moderasi oleh variabel citra perusahaan. Jenis penelitian ini ialah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampelnya berupa non probabilitas sampling dengan teknik Convenience Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 210 yang berasal dari pelanggan Waroeng Group yang terbagi kedalam tiga rumah makan yaitu Waroeng Steak & Shake, Bebek Goreng H.Slamet, dan The Icon Grill Steak. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM PLS untuk menguji hipotesis penelitian.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan dari variabel CSR terhadap citra perusahaan, terdapat pengaruh yang positif signifikan dari variabel CSR terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh yang positif signifikan dari variabel CSR terhadap loyalitas konsumen, terdapat pengaruh yang positif signifikan dari variabel citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen, terdapat pengaruh yang positif namun tidak signifikan dari variabel citra perusahaan terhadap loyalitas konsumen, tidak diperoleh efek moderasi citra perusahaan terhadap hubungan antara variabel CSR dan kepuasan konsumen, tidak diperoleh efek moderasi citra perusahaan terhadap hubungan antara variabel CSR dan loyalitas konsumen.
Collections
- Management [4539]