ANALISIS PERSEPSI DAN NIAT PEMBELIAN PRODUK ROTI BREADTALK AMBARRUKMO PLAZA
Abstract
Persaingan ketat bisnis dalam beberapa tahun terakhir ini, membuat konsumen memilih bermacam makanan pengganti selain nasi. Roti- menempati urutan ketiga sebagai makanan pokok orang Indonesia setelah mi dan nasi. Ini membuat minat pembelian masyarakat terhadap produk roti meningkat. Beberapa faktor seperti karakteristik produk, persepsi harga, persepsi kualitas, dan servicescape, mempengaruhi niat pembelian masyarakat terhadap produk roti. Salah satu bisnis roti yang perhari terjual 20.000 buah adalah BreadTalk, membuktikan bahwa bisnis roti merupakan lahan bisnis yang menjanjikan.
Responden dalam penelitian ini adalah konsumen BreadTalk Mall Ambarrukmo Plaza Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 170 responden dengan teknik non probability sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan SPSS, untuk melakukkan pengujian 30 responden pertama, dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS versi 22 untuk pengujian hipotesis
Hasil penelitian ini menunjukkan produk karakteristik produk (PC), persepsi servicescape (PS), dan persepsi harga (PP) secara signifikan mempengaruhi persepsi kualitas (PQ) dan niat pembelian (PI) Keterbatasan penelitian ini adalah hanya dilakukkan satu kali dengan satu individu yang berbeda, sehingga ada kemungkinan konsumen menjawab berdasarkan hasil evaluasi terakhir mereka dalam membeli produk roti BreadTalk.
Collections
- Management [4527]