KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Desa Wisata Gabugan dan Desa Wisata Brayut)
Abstract
Desa Wisata menyajikan wisata yang berbeda dengan melibatkan potensi penduduk desa setempat dengan keunggulan lokal yang disajikan. Desa wisata menyajikan kegiatan, pengalaman wisata yang berbeda dibandingkan dengan wisata alam yang banyak ditemukan wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis komunikasi pemasaran wisata Desa Wisata Gabugan & Brayut.
Paradigma penelitian adalah konstruktivisme. Jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Desa Wisata Gabugan melakukan aktivitas komunikasi pemasaran dengan membuat situs web, akun instagram, facebook. Desa Wisata Gabugan membuat brosur, promosi dari mulut ke mulut, tur pameran. Desa Wisata Brayut memasarkan aktivitas komunikasi melalui situs web, facebook dan instagram. Saat ini hanya akun instagram yang aktif. Desa Wisata Brayut juga bekerja sama dengan sekolah, lembaga pemerintah dan swasta, materi promosi seperti brosur, pameran wisata, promosi dari mulut ke mulut. Peluang yang dimiliki oleh Desa Gabugan dan Desa Brayut memiliki kesempatan untuk meningkatkan jumlah sumber daya manusia Desa Wisata Gabugan dan Desa Wisata Brayut juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan manajemen dalam manajemen pariwisata dan pemasaran pariwisata dengan mengikuti pelatihan baik manajemen pariwisata maupun pemasaran pariwisata. Hambatan di Desa Gabugan dan Desa Brayut memiliki jumlah sumber daya manusia yang terbatas. Ini menyebabkan manajer pada saat pekerjaannya bekerja pada pekerjaan ganda dengan tugas lain.
Collections
- Communication [943]