PENGARUH MEDIA SOSIAL KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN GENERASI Z DI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial komunikasi pemasaran terhadap sikap konsumen generasi Z di Yogyakarta. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh pada sikap konsumen generasi z di Yogyakarta dilihat dari kognitif berupa kesadaran dan pengetahuan, affektif berupa kesukaan dan preferensi, serta perilaku atau sikap berupa niat untuk membeli dan perilaku pembelian akan mempengaruhi komunikasi pemasaran online melalui media sosial, penggunaan yang dilihat dari mengakses, lamanya penggunaan, frekuensi waktu, panjang durasi dan pembaharuan profil dan demografi berupa jenis kelamin dan usia. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi z pada rentan usia (18-21) tahun yang berdomisili di Yogyakarta. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 325 responden yang diperoleh melalui survei online bentuk-bentuk google.
Penelitian ini menggunakan analisis data Statistical Package for Social Science (SPSS) berupa uji Anova dan dilanjutkan menggunakan uji General Linear Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh variabel media sosial komunikasi pemasaran terhadap sikap kognitif, afektif dan perilaku 2) tidak terdapat pengaruh antara variabel penggunaan terhadap sikap kognitif, afektif dan perilaku 3) tidak terdapat pengaruh antara variabel demografi terhadap sikap kognitif,afektif dan perilaku.
Collections
- Management [4534]