Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Kartu Seluler Pasca Bayar di Yogyakarta
Abstract
Komunikasi merupakan bagian yang sangat penting dalam
kehidupan setiap orang. Melalui komunikasi setiap orang dapat
menyampaikan informasi, maupun mendapatkan informasi yang mereka
butuhkan. Kemajuan ilmu dan teknologi ditujukan untuk dapat
meningkatkan kesejahteraan setiap orang. Salah satunya hasil ilmu dan
pengetahuan tersebut adalah telepon seluler yang membutuhkan kartu seluler
dalam penggunaannya. Produk kartu seluler sendiri dibedakan menjadi kartu
pra bayar dan pasca bayar. Kartu pra bayar memang mendominasi
penggunaan kartu seluler. Sedangkan kartu pasca bayar menawarkan
berbagai kemudahan yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan
konsumen yang dilayaninya.
Untuk dapat memasarkan produk kartu seluler pasca bayar. perlu
diketahui variabel-variabel yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen
untuk menggunakan kartu seluler tersebut, terutama variabel yang
cenderung menjadi pertimbangan bagi konsumen. Oleh karena itu dengan
mengunakan pendekatan teori Bauran Pemasaran. penulis bermaksud untuk
mengetahui bagaimana pengaruh variabel bauran pemasaran yakni produk.
harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan konsumen dalam
menggunakan kartu seluler pasca bayar serta mengetahui variabel bauran
pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam
menggunakan kartu seluler pasca bayar.
Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penulis menggunakan
analisis Regresi Berganda yang mencakup pula analisis Uji F (Uji Serentak).
Uji t (Uji Parsial) maupun Koefisien Determinasi Parsial. Melalui Uji
Serentak dapat diketahui apakah variabel bauran pemasaran yang diukur
berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan
kartu pasca bayar secara simultan. Melalui Uji Parsial dapat diketahui
pengaruh masing-masing variabel bauran pemasaran yang diukur terhadap
keputusan konsumen dalam menggunakan kartu seluler pasca bayar.
Sedangkan koefisien Determinasi Parsial digunakan untuk mengetahui
variabel bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan
konsumen dalam menggunakan kartu seluler pasca bayar.
Berdasarkan pengujian data yang diperoleh penulis dari responden
pengguna kartu seluler pasca bayar dapat diketahui bahwa variabel bauran
pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen
secara serentak. Secara parsial, variabel harga dan promosi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan konsumen. Sedangkan variabel bauran
pemasaran yang memberikan pengaruh dominan terhadap keputusan
konsumen adalah variabel harga.
Collections
- Management [4527]