EFESIENSI BIAYA PROMOSI PADA PT NASMOCO BENGAWAN MOTOR KLATEN
Abstract
Efisiensi adalah suatu ukuran keberhasilan yang dinilai dari besarnya sumber daya yang dikorbankan untuk memperoleh hasil tertentu. Berdasarkan data pengeluaran tahun 2017, PT. Nasmoco Bengawan Motor Klaten memiliki pengeluaran biaya yang besar pada program promosi yang dilakukan maka dari itu perlu untuk mencari program alternatif baru yang kiranya memiliki pengeluaran biaya yang lebih sedikit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah biaya dari program promosi yang dilakukan PT Nasmoco Bengawan Motor Klaten sudah efesien dan untuk mengetahui apakah biaya pada program promosi voucher makan lebih efesien dibanding program pameran dan join promo event.
Program kerja magang dilakukan untuk memenuhi tugas akhir dalam menyesaikan pendidikan Strata 1 (S1) di Universita Islam Indonesia. Penulis melaksanakan program magang pada 2 April- 31 Juni 2018. Teknik analisis yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian dengan data kuantitatif yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan nilai rate pencapaian pada program pameran adalah 4,44%, rate pencapaian pada program join promo event adalah 4,16% dan nilai rate pencapaian pada program voucher makan adalah 1,25%. Biaya untuk mendapat 1 SPK pada program pameran Rp.1.500.000,-, pada program join promo event Rp.1.937.500,- dan program voucher makan Rp.1.750.000,-. Kesimpulannya program promosi (pameran, join promo event, dan voucher makan) Nasmoco Klaten belum efesien karena nilai rate pencapaian program masih dibawah target dan biaya yang dikeluarkan untuk mendapat 1 SPK terlalu besar.
Collections
- Management [4548]