PENGARUH MEDIA SOSIAL BERBASIS TRADING TERHADAP PERGERAKAN HARGA SAHAM: PENDEKATAN CONTENT ANALYSIS
Abstract
Media sosial merupakan platform bagi investor untuk melakukan interaksi sosial. Interaksi sosial mengandung sentimen yang kemudian memunculkan preferensi baru bagi investor dalam mengambil keputusan investasi sehingga mampu mempengaruhi pergerakan saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh sentimen yang terkandung pada media sosial terhadap return saham dan volume perdagangan saham pada Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan merupakan hasil analisis sentimen yang terfokus pada komentar-komentar anggota media sosial Stockbit mengenai perusahaan LQ45 periode Februari 2018 – Juli 2018. Periode penelitian yaitu satu tahun April 2017 – April 2018. Dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS) dan Generalized Linier Model (GLM) penelitian ini menemukan bahwa sentimen positif dan sentimen negatif berpengaruh secara signifikan terhadap return saham dan volume perdagangan. Sentimen netral tidak berpengaruh terhadap return saham dan volume perdagangan saham.
Collections
- Management [4545]