Show simple item record

dc.contributor.advisorAyundyah Kesumawati, S.Si., M.Si.
dc.contributor.authorYayan Dwi Septian, 14611051
dc.date.accessioned2018-12-03T01:37:05Z
dc.date.available2018-12-03T01:37:05Z
dc.date.issued2018-09
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11809
dc.description.abstractSeiring perkembangan zaman, Manusia dituntut untuk ikut berkembang dalam kemajuan teknologi tersebut. Kemajuan teknologi saat ini dapat ditemui pada berbagai bidang kegiatan manusia, salah satunya dalam kegiatan bermain game. Perkembangan game online di Indonesia telah memunculkan game online yang sangat populer saat ini yaitu game Mobile Legends. Game Mobile Legends telah mencapai 100 juta lebih download, Namun demikian, kurangnya informasi yang didapatkan oleh pemain dari Moonton selaku pengembang game Mobile Legends dapat mengurangi minat player terhadap game Mobile Legends. Sehingga perlu adanya inovasi baru yaitu system chatbot yang dapat melakukan interaksi dengan manusia dan membantu manusia dengan menjawab pertanyaan yang diajukan seputar game Mobile Legends. Basis pengetahuan yang digunakan dalam Chatbot ini adalah NLP (Natural Language Processing). NLP merupakan salah satu bidang kecerdasan buatan. Tujuan dari bidang NLP ini adalah melakukan proses pembuatan model komputasi dari bahasa sehingga dapat terjadi suatu interaksi antara manusia dengan komputer dengan perantara bahasa alami., yang bersifat cross-plafform dengan algoritma pencarian khusus yaitu algoritma graphmaster paftern matching yang dikembangkan berkomunikasi lebih baik dan mampu memberikan informasi mengenai game Mobile Legends. Kemudian melakukan klasifikasi agar data yang digunakan mempunyai landasan yang kuat, serta melakukan perhitungan akurasi pada dataset pertanyaan yang digunakan untuk membangun program chatbot menggunakan Support Vector Machine (SVM). Berdasarkan hasil analisis klasifikasi terhadap data pertanyaan game Mobile Legends dengan menggunakan metode SVM, dengan data training sebesar 272 dan data test sebanyak 68, diperoleh akurasi sebesar 0,98% dan dilakukan pengujian chatbot didapatkan akurasi dari 50 pertanyaan yang diajukan adalah sebesar 82%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectNLPen_US
dc.subjectgraphmaster paftern matchingen_US
dc.subjectChatboten_US
dc.subjectMobile Legendsen_US
dc.subjectgame onlineen_US
dc.subjectSVMen_US
dc.titlePERANCANGAN CHATBOT GAME MOBILE LEGENDS MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSINGen_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record