dc.contributor.advisor | Ayundyah Kesumawati, S.Si., M.Si. | |
dc.contributor.author | Yayan Dwi Septian, 14611051 | |
dc.date.accessioned | 2018-12-03T01:37:05Z | |
dc.date.available | 2018-12-03T01:37:05Z | |
dc.date.issued | 2018-09 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11809 | |
dc.description.abstract | Seiring perkembangan zaman, Manusia dituntut untuk ikut berkembang dalam kemajuan teknologi
tersebut. Kemajuan teknologi saat ini dapat ditemui pada berbagai bidang kegiatan manusia, salah
satunya dalam kegiatan bermain game. Perkembangan game online di Indonesia telah memunculkan
game online yang sangat populer saat ini yaitu game Mobile Legends. Game Mobile Legends telah
mencapai 100 juta lebih download, Namun demikian, kurangnya informasi yang didapatkan oleh
pemain dari Moonton selaku pengembang game Mobile Legends dapat mengurangi minat player
terhadap game Mobile Legends. Sehingga perlu adanya inovasi baru yaitu system chatbot yang dapat
melakukan interaksi dengan manusia dan membantu manusia dengan menjawab pertanyaan yang
diajukan seputar game Mobile Legends. Basis pengetahuan yang digunakan dalam Chatbot ini adalah
NLP (Natural Language Processing). NLP merupakan salah satu bidang kecerdasan buatan. Tujuan
dari bidang NLP ini adalah melakukan proses pembuatan model komputasi dari bahasa sehingga dapat
terjadi suatu interaksi antara manusia dengan komputer dengan perantara bahasa alami., yang bersifat
cross-plafform dengan algoritma pencarian khusus yaitu algoritma graphmaster paftern matching yang
dikembangkan berkomunikasi lebih baik dan mampu memberikan informasi mengenai game Mobile
Legends. Kemudian melakukan klasifikasi agar data yang digunakan mempunyai landasan yang kuat,
serta melakukan perhitungan akurasi pada dataset pertanyaan yang digunakan untuk membangun
program chatbot menggunakan Support Vector Machine (SVM). Berdasarkan hasil analisis klasifikasi
terhadap data pertanyaan game Mobile Legends dengan menggunakan metode SVM, dengan data
training sebesar 272 dan data test sebanyak 68, diperoleh akurasi sebesar 0,98% dan dilakukan
pengujian chatbot didapatkan akurasi dari 50 pertanyaan yang diajukan adalah sebesar 82%. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | NLP | en_US |
dc.subject | graphmaster paftern matching | en_US |
dc.subject | Chatbot | en_US |
dc.subject | Mobile Legends | en_US |
dc.subject | game online | en_US |
dc.subject | SVM | en_US |
dc.title | PERANCANGAN CHATBOT GAME MOBILE LEGENDS MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING | en_US |
dc.type | Undergraduate Thesis | en_US |