Strategi Penanganan Keluhan Masyarakat Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Jepara Melalui Program “Lapor Bupati”
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penanganan keluhan masyarakat
pada program Lapor Bupati dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara.
Program Lapor Bupati adalah sebuah sarana Informasi masyarakat Jepara terkait dengan
layanan aspirasi, informasi publik, dan pelayanan keluhan dengan memanfaatkan lima kanal
komunikasi sebagai medianya. layanan harus dirancang sedemikian rupa agar tidak menjadi
pelayanan yang terkesan berbelit belit, karena program ini berkaitan dengan kepentingan
pemerintah dan masyarakat luas. Sehingga pemerintahan khususnya dinas komunikasi dan
Informatika kabupaten jepara harus merancang strategi penanganan keluhan yang tepat dan
sesuai harapan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan deskriptif
kualitatif. Peneliti melakukan tehnik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Yang
dilakukan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabuapaten Jepara dan PLN Jepara, Pada
bulan November 2017.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui belum terdapat standar operasional prosedur
tertulis secara resmi, namun sudah terdapat prosedur penanganan yang dilakukan oleh
administrator dan pihak terkait. Sedangkan strategi penanganan keluhan yang dilakukan
adalah pertama, Pendekatan menyeluruh, pendekatan menyeluruh dilakukan dengan kegiatan
sosisaliasasi pada pihak terkait dan memprioritaskan kepuasan pelanggan. Kedua, Teknologi
yang baik, kegiatan yang dilakukan yakni penggunaan lima kanal komunikas, ketiga, memilih
nomor cantik, dan pemilihan media penghubung yang efektif. Keempat, Mendapatkan proses
yang benar, strategi ini berfokus pada peran administrator. Kelima, Manajemen sumber daya
manusia, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan manajemen bersama dengan pihak
terkait. Yang terkakhir yaitu Peran pemimpin, pemimpin berperan sebagai penanggung jawab
dan ikut serta dalam menyelesaikan keluhan yang masuk.
Collections
- Communication [943]