Show simple item record

dc.contributor.advisorRatna Permata Sari, S.I.Kom., MA.
dc.contributor.authorAFIYATUL MUNASIROH, 14321063
dc.date.accessioned2018-11-22T04:01:57Z
dc.date.available2018-11-22T04:01:57Z
dc.date.issued2018-07-17
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11681
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penanganan keluhan masyarakat pada program Lapor Bupati dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jepara. Program Lapor Bupati adalah sebuah sarana Informasi masyarakat Jepara terkait dengan layanan aspirasi, informasi publik, dan pelayanan keluhan dengan memanfaatkan lima kanal komunikasi sebagai medianya. layanan harus dirancang sedemikian rupa agar tidak menjadi pelayanan yang terkesan berbelit belit, karena program ini berkaitan dengan kepentingan pemerintah dan masyarakat luas. Sehingga pemerintahan khususnya dinas komunikasi dan Informatika kabupaten jepara harus merancang strategi penanganan keluhan yang tepat dan sesuai harapan masyarakat. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti melakukan tehnik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Yang dilakukan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabuapaten Jepara dan PLN Jepara, Pada bulan November 2017. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui belum terdapat standar operasional prosedur tertulis secara resmi, namun sudah terdapat prosedur penanganan yang dilakukan oleh administrator dan pihak terkait. Sedangkan strategi penanganan keluhan yang dilakukan adalah pertama, Pendekatan menyeluruh, pendekatan menyeluruh dilakukan dengan kegiatan sosisaliasasi pada pihak terkait dan memprioritaskan kepuasan pelanggan. Kedua, Teknologi yang baik, kegiatan yang dilakukan yakni penggunaan lima kanal komunikas, ketiga, memilih nomor cantik, dan pemilihan media penghubung yang efektif. Keempat, Mendapatkan proses yang benar, strategi ini berfokus pada peran administrator. Kelima, Manajemen sumber daya manusia, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan manajemen bersama dengan pihak terkait. Yang terkakhir yaitu Peran pemimpin, pemimpin berperan sebagai penanggung jawab dan ikut serta dalam menyelesaikan keluhan yang masuk.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Penanganan Keluhanen_US
dc.subjectDinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jeparaen_US
dc.subjectLapor Bupatien_US
dc.titleStrategi Penanganan Keluhan Masyarakat Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Jepara Melalui Program “Lapor Bupati”en_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record