EVALUASI PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN KONSULTAN TEKNOLOGI INFORMASI KESEHATAN DALAM MENGHADAPI PESAING DI PASAR TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus Di PT Sisfomedika)
Abstract
PMKRI No 82 Tahun 2013 yang mengharuskan rumah sakit memiliki
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) memicu pesaing baru untuk
bermuculan mengambil peluang bisnis tersebut. PT Sisfomedika merupakan
perusahaan konsultan teknologi informasi kesehatan yang merupakan salah satu
vendor SIMRS. Dalam hal ini perusahaan harus mempunyai perencanaan strategi
yang baik untuk dapat mampu bertahan diantara pesaing lainnya. Akan tetapi
perusahaan belum mampu secara efektif menjalankan fungsi semua bagian sehingga
keselarasan perencanaan strategi belum tercapai.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi perencanaan strategi PT
Sisfomedika dalam bersaing di pasar teknologi informasi. Dengan melihat terlebih
dahulu strategi bisnis dan perencanaan strategi yang digunakan selama ini untuk
bersaing dipasar teknologi informasi dan melakukan penilaian efektifitas serta
memberikan saran perbaikkan peningkatan efektifitas perencanaan strategi PT
Sisfomedika.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus dan teknik pengumpulan data dengan studi lapangan dan studi pustaka.
Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan untuk semua proses
penelitian akan dibantu dengan menggunakan perangkat lunak NVivo 11 yang
mempermudah peneliti dalam melakukan mengelompokan data, mengidentifikasi dan
menarik kesimpulan.
Dalam penelitian ini untuk menentukan strategi binis dan perencanaan
startegi PT Sisfomedika, penulis menggunakan alat analisis SWOT dan
pengelompokan jenis strategi menurut Fred R. David. Dan untuk menilai keefektifan
jalannya perencanaan strategi selama ini di PT Sisfomedika penulis menggunakan
evaluasi strategi Rumelt’s criteria.
Hasil penelitian ini menunjukkan strategi bisnis dan perencanaan staregi PT
Sisfomedika selama ini lebih berfokus pada pengembangan produk dan pasar,
mempertahankan keberadaan bisnis dan klien, mencapai keunggulan bersaing dan
mengatasi terjadinya delay project. Dari pelaksanaannya penulis menyimpulkan
kurang efektif karena masih ada beberapa permasalahan pelaksanaan manajemen dan
komplain dari beberapa klien di PT sisfomedika. Untuk itu penulis memberikan saran
perbaikkan dengan mengadakan rapat mingguan tim teknis, menambah fasilitas
pelatihan klien dari segi hardware, jaringan dan informasi yang berhubungan dengan
aplikasi yang digunakan, menambah fasilitas waktu pelatihan dan pendampingan
penggunaan aplikasi, rekuitment personil dan penetapan SOP (standar operasional
prosedur) dan sanksi apabila SOP tersebut tidak diikuti.
Collections
- Master of Accountancy [221]