Show simple item record

dc.contributor.advisorHendi Yogi Prabowo, SE.,M.For.Accy.,Ph.D,
dc.contributor.authorWendri Sukmarani, 15919029
dc.date.accessioned2018-11-14T01:57:40Z
dc.date.available2018-11-14T01:57:40Z
dc.date.issued2018-09-20
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/11607
dc.description.abstractPMKRI No 82 Tahun 2013 yang mengharuskan rumah sakit memiliki Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) memicu pesaing baru untuk bermuculan mengambil peluang bisnis tersebut. PT Sisfomedika merupakan perusahaan konsultan teknologi informasi kesehatan yang merupakan salah satu vendor SIMRS. Dalam hal ini perusahaan harus mempunyai perencanaan strategi yang baik untuk dapat mampu bertahan diantara pesaing lainnya. Akan tetapi perusahaan belum mampu secara efektif menjalankan fungsi semua bagian sehingga keselarasan perencanaan strategi belum tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi perencanaan strategi PT Sisfomedika dalam bersaing di pasar teknologi informasi. Dengan melihat terlebih dahulu strategi bisnis dan perencanaan strategi yang digunakan selama ini untuk bersaing dipasar teknologi informasi dan melakukan penilaian efektifitas serta memberikan saran perbaikkan peningkatan efektifitas perencanaan strategi PT Sisfomedika. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data dengan studi lapangan dan studi pustaka. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan untuk semua proses penelitian akan dibantu dengan menggunakan perangkat lunak NVivo 11 yang mempermudah peneliti dalam melakukan mengelompokan data, mengidentifikasi dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini untuk menentukan strategi binis dan perencanaan startegi PT Sisfomedika, penulis menggunakan alat analisis SWOT dan pengelompokan jenis strategi menurut Fred R. David. Dan untuk menilai keefektifan jalannya perencanaan strategi selama ini di PT Sisfomedika penulis menggunakan evaluasi strategi Rumelt’s criteria. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi bisnis dan perencanaan staregi PT Sisfomedika selama ini lebih berfokus pada pengembangan produk dan pasar, mempertahankan keberadaan bisnis dan klien, mencapai keunggulan bersaing dan mengatasi terjadinya delay project. Dari pelaksanaannya penulis menyimpulkan kurang efektif karena masih ada beberapa permasalahan pelaksanaan manajemen dan komplain dari beberapa klien di PT sisfomedika. Untuk itu penulis memberikan saran perbaikkan dengan mengadakan rapat mingguan tim teknis, menambah fasilitas pelatihan klien dari segi hardware, jaringan dan informasi yang berhubungan dengan aplikasi yang digunakan, menambah fasilitas waktu pelatihan dan pendampingan penggunaan aplikasi, rekuitment personil dan penetapan SOP (standar operasional prosedur) dan sanksi apabila SOP tersebut tidak diikuti.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.subjectPerencanaan Strategien_US
dc.titleEVALUASI PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN KONSULTAN TEKNOLOGI INFORMASI KESEHATAN DALAM MENGHADAPI PESAING DI PASAR TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus Di PT Sisfomedika)en_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record