PENGARUH HARGA PROMOSI TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG PADA EVALUASI PEMBELI STARBUCKS COFFEE DI YOGYAKARTA
Abstract
Minat Pembelian Ulang merupakan sebuah tujuan dari kegiatan pemasaran suatu
perusahaan. Dalam mencapai sebuah tujuan, diperlukannya aspek kepuasan yang
dirasakan pembeli terhadap kualitas yang diberikan. Kualitas Makanan yang
disuguhkan restoran sangat menentukan keberhasilan kualitas dan kepuasan yang
dirasakan pembeli. Selain itu, kualitas layanan juga dinilai sebagai aspek yang penting
karena merupakan bentuk sikap karyawan yang dianggap sesuai dengan harapan
pembeli. Pencapaian yang dirasakan pembeli seringkali dikaitkan pula dengan adanya
harga promosi karena dianggap secara positif dapat mempengaruhi kualitas makanan,
layanan dan kepuasan sehingga mendorong minat pembelian ulang. Keterkaitan lima
aspek tersebut digambarkan dalam model penelitian dengan menetapkan minat
pembelian ulang sebagai variabel dependen, kepuasan, kualitas makanan dan layanan
sebagai variabel mediator serta harga promosi sebagai variabel independen. Subyek
dalam penelitian ini melibatkan 166 orang dan sampel diperoleh menggunakan teknik
convenience sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya pengaruh harga
promosi terhadap minat pembelian ulang pada evaluasi pembeli Starbucks Coffee di
yogyakarta. Penelitian ini juga dipengaruhi secara positif oleh kualitas makanan dan
kualitas layanan yang diberikan oleh restoran sehingga dapat memunculkan efek
kepuasan.
Collections
- Management [4548]