PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN STRATEGI MANAJEMEN RANTAI PASOKAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada UKM Di Kabupaten Sleman)
Abstract
Pada penelitian kali ini, dilakukan studi tentang evaluasi tentang
penerapan orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dengan strategi SCM
sebagai variabel intervening pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di
Kabupaten Sleman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi
pasar terhadap kinerja pasar, pengaruh kinerja pasar terhadap kinerja keuangan,
pengaruh orientasi pasar terhadap Strategi manajemen rantai pasokan, pengaruh
strategi manajemen rantai pasokan terhadap kinerja pasar dan mengetahui
pengaruh strategi manajemen rantai pasokan dalam memediasi hubungan antara
orientasi pasar dengan kinerja pasar. Pengambilan data variabel penelitian ini
dilakukan dengan menyebar kuesioner sebanyak 100 eksemplar pada manajer atau
pemilik pada UKM di kabupaten Sleman. Teknik analisis data menggunakan
Analisis Struktural Equation Model (SEM) dengan program AMOS 21.
Hasil penelitian menemukan bahwa 1) ada pengaruh signifikan positif
orientasi pasar terhadap kinerja pasar, 2) ada pengaruh signifikan positif kinerja
pasar terhadap kinerja keuangan, 3) Ada pengaruh signifikan positif orientasi
pasar terhadap strategi SCM, 4) ada pengaruh signifikan positif strategi SCM
terhadap kinerja pasar, dan 5) ada pengaruh positif dan signifikan orientasi pasar
dengan kinerja pemasaran perusahaan melalui praktek SCM pada UKM di
kabupaten Sleman.
Collections
- Management [4548]