ANALISIS STABILITAS TEROWONGAN DENGAN PERKUATAN WIREMESH DAN ROCKBOLT MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA (ANALYSIS OF TUNNEL STABILITY WITH STRENGTH OF WIREMESH AND ROCKBOLT USING FINITE ELEMENT METHOD) (Studi Kasus Proyek Terowongan Jalur Ganda Kereta Api di Notog, Purwokerto)
Abstract
Terowongan merupakan pilihan dalam pengembangan jalan kereta api untuk jalur darat dan
kota – kota yang padat pemukiman. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui
Direktorat Jenderal Perkeretaapian melakukan upaya untuk menunjang insfrastruktur perkeretaapian
dengan membuat terowongan Notog sebagai alternatif pembangunan terowongan di daerah
perbukitan. Pada penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis stabilitas terowongan dengan
mencari nilai safety factor yang terjadi pada titik bor log 3 terowongan Notog menggunakan metode
elemen hingga pada program Plaxis v8.2.
Analisis stabilitas terowongan dihitung secara matematis dengan metode Mohr-Coloumb
dan dianalisis menggunakan program Plaxis v8.2 dengan memberikan perkuatan wiremesh dan
rockbolt. Hal ini untuk mengetahui nilai safety factor dan deformasi yang terjadi pada terowongan
sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan akan diperoleh nilai safety factor dan gambaran
kondisi terowongan akibat deformasi yang terjadi.
Hasil dari pemodelan terowongan Notog pada titik bor log 3 didapatkan hasil nilai safety
factor tanpa perkuatan 2,3769 dengan metode Mohr-Coloumb dan 2,352 dengan program Plaxis
v8.2. Dengan adanya beban gempa yang ditambahkan pada analisis ini diperoleh nilai safety factor
pada masing-masing perkuatan yaitu 2,428 dengan perkuatan wiremesh, 3,022 dengan perkuatan
wiremesh dan 1 rockbolt, 3,541 dengan perkuatan wiremesh dan 2 rockbolt, 4,303 dengan perkuatan
wiremesh dan 3 rockbolt, 4,324 dengan perkuatan wiremesh dan 4 rockbolt, dan 4,647 dengan
perkuatan wiremesh dan 5 rockbolt. Dari hasil tersebut didapat alternatif penggunaan perkuatan
wiremesh dan 3 rockbolt lebih efektif dan efisien karena selisih nilai safety factor yang didapat tidak
terlalu besar dengan penambahan jumlah rockbolt.
Collections
- Civil Engineering [4192]