CITRA MEREK STARBUCKS DAN LOYALITAS KONSUMEN MAHASISWA DI YOGYAKARTA
View/ Open
Date
2018-09-17Author
Ari Widyastuti Wahyu Nugrahaningrum, 14320359
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara citra merek
Starbucks dengan loyalitas konsumen. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian
ini yaitu ada hubungan positif antara citra merek Starbucks dengan loyalitas
konsumen. Responden penelitian ini merupakan mahasiswa di Yogyakarta yang
berjumlah 226 responden, terdiri dari 36% laki-laki dan 64% perempuan. Skala
yang digunakan adalah skala citra merek yang mengacu pada indikator - indikator
yang dikemukakan oleh Keller (1993) dan skala loyalitas konsumen yang
mengacu pada indikator – indikator yang dikemukakan Zeithaml, Berry dan
Parasuraman (1996). Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif
antara citra merek dengan loyalitas konsumen, dimana semakin tinggi citra merek
maka semakin tinggi loyalitas konsumen dan semakin rendah citra merek maka
semakin rendah pula loyalitas konsumen, yang ditunjukkan dari analisis korelasi
product moment Spearman’s rho yaitu r = 0.703 dan p = 0.000 (p<0.05) sehingga
hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dinyatakan diterima.
Collections
- Psychology [2173]