Show simple item record

dc.contributor.authorLambut, Ade Fitri Christiani
dc.date.accessioned2018-10-11T04:36:37Z
dc.date.available2018-10-11T04:36:37Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/11131
dc.description.abstractPenjualan merupakan suatu kegiatan yang menjual suatu produk ke masyarakat. Dalam hal ini penjualan yang dilakukan oleh setiap produsen berbeda-beda strategi penjualannya. Strategi penjualan tersebut dilakukan guna untuk mengatur kestabilan produksi penjualan serta memberikan efek peningkatan pada nilai penjualan. Dalam menawarkan suatu produk harus memiliki strategi yang cerdik untuk memikat para konsumen. Beberapa strategi penjualan tersebut harus saling berjalan antara kualitas produk, pelayanan dan promosi. CV. Larassukma merupakan perusahaan yang memproduksi sampul map ijazah dan rapor. Oleh karena itu, untuk melihat gambaran penjualan sampul maka diperlukan pencatatan data penjualan setiap periode. Dikarenakan gambaran penjualan yang mengalami ketidakstabilan hasil penjualan yang mengalami kenaikan dan penurunan, maka dilakukan ramalan penjualan. Ramalan penjualan akan memberikan gambaran tentang kemampuan menjual di waktu yang akan datang. Sehingga data peramalan penjualan sampul dapat digunakan untuk merencanakan produksi di masa yang akan datang untuk mencegah terjadinya kelebihan produksi maupun kekurangan produksi. Metode ramalan yang digunakan adalah Grey System dan SARIMA. Metode Grey adalah metode yang dapat meramalkan data sampul dalam historis data yang sedikit. Metode SARIMA adalah metode ramalan dalam bentuk seasonal(musiman). Metode terbaik dilihat dari nilai MSE dan MAPE terkecil antara metode GM (1,1) dan SARIMA (1,0,1)(0,0,1)12. Peramalan periode yang lama maka menggunakan metode SARIMA (1,0,1)(0,0,1)12. Sedangkan jika ingin melakukan peramalan dalam periode terdekat dapat menggunakan metode GM (1,1)en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectpenjualanen_US
dc.subjectproduken_US
dc.subjectperamalanen_US
dc.subjectGreyen_US
dc.subjectSARIMAen_US
dc.titlePeramalan Jumlah Penjualan Sampul dengan Metode Grey System dan Sarima (Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average) (Studi Kasus : Data Penjualan Produk Sampul Map Ijazah dan Rapor di CV. Larassukma Yogyakarta Tahun 2015 hingga 2016)en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record