• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • Statistics
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Students & Alumnae
    • Undergraduate Thesis
    • Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • Statistics
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peramalan Jumlah Penjualan Sampul dengan Metode Grey System dan Sarima (Seasonal Autoregressive Integrated Moving Average) (Studi Kasus : Data Penjualan Produk Sampul Map Ijazah dan Rapor di CV. Larassukma Yogyakarta Tahun 2015 hingga 2016)

    Thumbnail
    View/Open
    01.0 cover.pdf (73.89Kb)
    02 preliminari.pdf (330.5Kb)
    03 daftar isi.pdf (79.04Kb)
    04 abstract.pdf (70.91Kb)
    05.1 bab 1.pdf (73.37Kb)
    05.2 bab 2.pdf (109.8Kb)
    05.3 bab 3.pdf (358.9Kb)
    05.4 bab 4.pdf (76.76Kb)
    05.5 bab 5.pdf (446.7Kb)
    05.6 bab 6.pdf (77.10Kb)
    06 daftar pustaka.pdf (71.86Kb)
    07 lampiran.pdf (160.4Kb)
    Date
    2017
    Author
    Lambut, Ade Fitri Christiani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penjualan merupakan suatu kegiatan yang menjual suatu produk ke masyarakat. Dalam hal ini penjualan yang dilakukan oleh setiap produsen berbeda-beda strategi penjualannya. Strategi penjualan tersebut dilakukan guna untuk mengatur kestabilan produksi penjualan serta memberikan efek peningkatan pada nilai penjualan. Dalam menawarkan suatu produk harus memiliki strategi yang cerdik untuk memikat para konsumen. Beberapa strategi penjualan tersebut harus saling berjalan antara kualitas produk, pelayanan dan promosi. CV. Larassukma merupakan perusahaan yang memproduksi sampul map ijazah dan rapor. Oleh karena itu, untuk melihat gambaran penjualan sampul maka diperlukan pencatatan data penjualan setiap periode. Dikarenakan gambaran penjualan yang mengalami ketidakstabilan hasil penjualan yang mengalami kenaikan dan penurunan, maka dilakukan ramalan penjualan. Ramalan penjualan akan memberikan gambaran tentang kemampuan menjual di waktu yang akan datang. Sehingga data peramalan penjualan sampul dapat digunakan untuk merencanakan produksi di masa yang akan datang untuk mencegah terjadinya kelebihan produksi maupun kekurangan produksi. Metode ramalan yang digunakan adalah Grey System dan SARIMA. Metode Grey adalah metode yang dapat meramalkan data sampul dalam historis data yang sedikit. Metode SARIMA adalah metode ramalan dalam bentuk seasonal(musiman). Metode terbaik dilihat dari nilai MSE dan MAPE terkecil antara metode GM (1,1) dan SARIMA (1,0,1)(0,0,1)12. Peramalan periode yang lama maka menggunakan metode SARIMA (1,0,1)(0,0,1)12. Sedangkan jika ingin melakukan peramalan dalam periode terdekat dapat menggunakan metode GM (1,1)
    URI
    http://hdl.handle.net/123456789/11131
    Collections
    • Statistics [294]

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    @mire NV