PERANCANGAN PERKERASAN KAKU PADA PENDEKAT TIMUR SIMPANG UPN-JALAN RAYA PADJAJARAN, SLEMAN DAN ANALISIS SENSITIVITAS RESPON STRUKTUR AKIBAT REDUKSI TEBAL DAN MUTU BETON (RIGID PAVEMENT DESIGN FOR EASTERN APPROACH OF UPN INTERSECTION-PADJAJARAN HIGHWAY AND SENSITIVITY ANALYSIS ON STRUCTURAL RESPONSE DUE TO THICKNESS AND CONCRETE QUALITY REDUCTION)
Abstract
Perkerasan lentur pada bagian pendekat simpang yang dilalui lalu lintas kendaraan berat sering kali mengalami kerusakan lebih cepat dibandingkan pada bagian ruas jalan. Hal ini terjadi karena meningkatnya waktu pembebanan yang melemahkan modulus kekakuan perkerasan. Untuk mengatasi hal ini, perkerasan lentur pada pendekat simpang dapat diganti menjadi perkerasan kaku. Makalah ini mengetengahkan perancangan perkerasan kaku jenis JPCP pada pendekat Timur Simpang Ringroad Utara – Jalan Raya Seturan, Sleman Yogyakarta. Pedoman Petunjuk Perencanaan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003 digunakan untuk menghitung tebal dan perancangan sambungan. Berdasarkan pedoman tersebut, mutu beton K400 dengan tebal 24 cm mampu memenuhi persyaratan kerusakan fatik dan erosi untuk umur rencana 20 tahun. Selanjutnya, untuk mengantisipasi buruknya mutu pekerjaan konstruksi dipelajari dampak dikuranginya mutu beton (K300 dan K350) maupun tebal rencana (23, 22, 21, dan 20 cm) terhadap parameter tegangan maksimum, lendutan pojok maksimum, cracking index, dan reduksi umur disain (design life). Analisis dilakukan dengan pendekatan mekanistik-empiris menggunakan perangkat lunak KENSLABS.
Collections
- Civil Engineering [4258]