MINAT MEMBELI PADA PRODUK PRIVATE LABEL : PENGARUH FAKTOR PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KUALITAS, CITRA MEREK, DAN CITRA TOKO “STUDI PELANGGAN HYPERMART DI YOGYAKARTA”
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, persepsi kualitas, citra merek, dan citra toko terhadap minat beli pada produk private label studi pelanggan di Hypermart Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di Hypermart Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan simple random sampling method yaitu memilih sampel secara acak dengan tidak melakukan pengelompokkan terlebih dahulu. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta yang sedang berbelanja di Hypermart Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 200 responden, dimana sampel kecil sebanyak 30 responden dan 170 responden sampel besar. Teknik pengumpulan data pada peneliatian ini menggunakan kuisioner dengan indikator sebanyak 32 indikator, skala yang digunakan adalah skala linkert untuk mengukur persepsi harga, persepsi kualitas, citra merek, dan juga citra toko dengan skala 1 sampai 4, yaitu 1: Sangat Tidak Setuju, 2: Tidak Setuju, 3: Setuju, 4: Sangat Setuju kemudian analisis linear berganda digunakan untuk menguji ketergantungan variabel dependen (terikat) dengan empat variabel independen (bebas). Pada penelitian ini memiliki 4 variabel independen (persepsi harga, persepsi kualitas, citra toko, dan citra merek) dan satu variabel dependen (minat beli). Hasil penelitian pada hipotesis pertama menunjukkan sig (0.000) <0.05 yang berarti terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap minat membeli produk private label, pada hipotesis kedua sig (0.032) <0.05 yang berarti terdapat pengaruh positif persepsi kualitas terhadap minat membeli produk private label, pada hipotesis ketiga sig (0017) < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh yang positif citra toko terhadap minat membeli produk private label, kemudian pada hipotesis keempat sig (0.000) < 0.05 yang berarti terdapat pengaruh positif citra merek terhadap minat membeli produk private label, dan pada hipotesis kelima diketahui nilai F- Hitung sebesar 69.034 dengan sig (0.000) < 0.05 yang berarti bahwa persepsi harga, persepsi kualitas, citra toko, dan citra merek berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat membeli produk private label.
Collections
- Management [4527]