ANALISIS FASE-FASE ADAPTASI KAPABILITAS DINAMIS DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PADA INDUSTRI KREATIF
Abstract
Industri kreatif Indonesia saat ini memberikan sumbangsih yang paling
besar adalah pada sektor kerajinan, desain atau mode, cita rasa kuliner. Oleh
karena itu, kinerja dari perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif harus
selalu ditingkatkan. Peningkatan kinerja sangat berkaitan dengan strategi bisnis
perusahaan. Strategi merupakan cara unik perusahaan untuk memperoleh
keunggulan bersaing, kinerja perusahaan merupakan representasi dari keunggulan
bersaing. Formulasi strategi dan pelaksanaan strategi dengan memperhatikan
aspek teknis dan non teknis merupakan cara untuk mencapai transformasi kinerja
yang optimal. Salah satunya yaitu dengan fase-fase adaptasi pendekatan
kapabilitas dinamis dalam pengembangan inovasi yang ada pada Industri kreatif.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus dengan objek
penelitian pada industri kerajinan kulit, kerajinan batik dan kerajinan kayu yang
terletak di Klaten dan Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan
observasi langsung ketiga industri kreatif tersebut. Metode penelitian yang
digunakan adalah multikasus holistik. Analisis data dilakukan dengan cara
within-case analysis dan cross-case analysis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa fase-fase adaptasi kapabilitas dinamis berperan penting dalam proses
pengembangan inovasi pada industri kreatif. Penelitian ini memberikan implikasi
bagi perusahaan mengenai langkah-langkah yang dilakukan perusahaan untuk
menyerap pengetahuan eksternal perusahaan sehingga membantu dalam
penentuan proses pengembangan inovasi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian
ini telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan konsep fase-fase
adaptasi kapabilitas dinamis dari hasil wawancara selama penelitian yang
dilakukan oleh penulis. Studi ini diharapkan menyumbangkan masukan dalam
pengembangan inovasi bagi para pelaku industri kreatif tersebut.
Collections
- Master of Management [408]