Show simple item record

dc.contributor.advisorAnjar Priyono, SE., M.Si., Ph.D.
dc.contributor.authorYanuarika Insanul R. Farizqi, 16911058
dc.date.accessioned2018-09-29T05:38:07Z
dc.date.available2018-09-29T05:38:07Z
dc.date.issued2018-09-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/10921
dc.description.abstractIndustri kreatif Indonesia saat ini memberikan sumbangsih yang paling besar adalah pada sektor kerajinan, desain atau mode, cita rasa kuliner. Oleh karena itu, kinerja dari perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif harus selalu ditingkatkan. Peningkatan kinerja sangat berkaitan dengan strategi bisnis perusahaan. Strategi merupakan cara unik perusahaan untuk memperoleh keunggulan bersaing, kinerja perusahaan merupakan representasi dari keunggulan bersaing. Formulasi strategi dan pelaksanaan strategi dengan memperhatikan aspek teknis dan non teknis merupakan cara untuk mencapai transformasi kinerja yang optimal. Salah satunya yaitu dengan fase-fase adaptasi pendekatan kapabilitas dinamis dalam pengembangan inovasi yang ada pada Industri kreatif. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif studi kasus dengan objek penelitian pada industri kerajinan kulit, kerajinan batik dan kerajinan kayu yang terletak di Klaten dan Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung ketiga industri kreatif tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah multikasus holistik. Analisis data dilakukan dengan cara within-case analysis dan cross-case analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fase-fase adaptasi kapabilitas dinamis berperan penting dalam proses pengembangan inovasi pada industri kreatif. Penelitian ini memberikan implikasi bagi perusahaan mengenai langkah-langkah yang dilakukan perusahaan untuk menyerap pengetahuan eksternal perusahaan sehingga membantu dalam penentuan proses pengembangan inovasi. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan konsep fase-fase adaptasi kapabilitas dinamis dari hasil wawancara selama penelitian yang dilakukan oleh penulis. Studi ini diharapkan menyumbangkan masukan dalam pengembangan inovasi bagi para pelaku industri kreatif tersebut.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKapabilitas Dinamisen_US
dc.subjectIndustri Kreatifen_US
dc.subjectKerajinanen_US
dc.subjectInovasien_US
dc.titleANALISIS FASE-FASE ADAPTASI KAPABILITAS DINAMIS DALAM PENGEMBANGAN INOVASI PADA INDUSTRI KREATIFen_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record