Pengaruh Online Review Youtube Terhadap Minat Beli Mobil Toyota Rush 2018 dengan Dimediasi Sikap Konsumen
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis online review YouTube terhadap minat beli mobil Toyota Rush tahun 2018 pada pengguna channel otomotif YouTube dengan dimediasi sikap konsumen. Secara khusus penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh online review terhadap minat beli, pengaruh sikap konsumen terhadap minat beli dan pengaruh online review terhadap sikap konsumen. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil adalah sebagian anggota komunitas otomotif yang menonton channel otomotif di YouTube. Jumlah sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 148 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner, yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis model persamaan struktural (SEM). Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa online review tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, online review berpengaruh terhadap sikap konsumen dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Implikasi dari tidak signifikannya pengaruh online review terhadap minat beli adalah bahwa online review dalam channel otomotif YouTube tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap minat beli mobil Toyota Rush tahun 2018.
Collections
- Master of Management [408]