SEKOLAH LUAR BIASA ISLAM QOTHRUNNADA BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA Konsep Lingkungan Sekolah yang Merangsang Sensor Anak Berkebutuhan Khusus dengan Metode Pendidikan Islami
View/ Open
Date
2018-08-27Author
Muhammad Nur Hakimuddin Attoyibi, 14512007
Metadata
Show full item recordAbstract
Difabilitas kerap kali mejadi permasalahan yang dikesampingkan dalam pemenuhan kebutuhan hedup dalam masyarakat. Hal ini termasuk dalam bidang pendidikan. Diskriminasi dalam bisang pendidikan bagi difabel masih cukup sering terjadi. Di Indonesia sendiri sekitar 30% penyandang difabilita tidak memerima pendidikan yang layak. Dengan demikian kaum difabel terkadang tidak dapat menerima pendidikan yang cukup sebagai bekal hidup mereka. Hasilnya mereka yang pada dasarnya memiliki kekurangan dalam organ dan sensor tubuh menjadi lebih kesulitan lagi dalam menjalani kesehariannya.
Islam sendiri pada dasarnya sangat menganjurkan untuk memperhatikan kaum difabel dan dhuafa. Maka dari itu perlu diberikan fasilitas khusus terlebih dalam hal pendidikan mereka. Beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB) sudah cukup tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Namun belum benar-benar memenuhi kebutuhan pendidikan difabel. Dalm hal penyediaan SLB D.I. Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki fasilitas pendidikan fifabel yang paling sedikit dibanding daerah lainnya di Pulau Jawa. Disamping itu dalam hal keislaman, belum banyak berkembang SLB berbasis Islam untuk memenuhi pendidikan difabel yang Islami. Dari permasalahan ini SLB Islam Qothrunnada Hadisr sebagai solusi masalah terrsebut. Namun demikian keadaaan fisik SLB tersebut belum sepenuhnya bias memberikan fasilitas siswa secara maksimal. Dibutuhkan evaluasi dan desain kembali lingkungan sekolah yang dapat memenuhi kekurangan-kekurangan yang ada.
Pada kesempatan Proyek Akhir Sarjana ini penulis berusaha meneliti dan merancang solusi yang tepat bagi permasalahan SLB Islam Qothrunnada ini. Metode perancangan diawali dengan survey lokasi untuk memperoleh data yang dibutuhkan terkait keadaan bangunana, perilaku pengguna dan kebutuhan penggunanya. Data yang sudah didapat dianalisa dan diolah kedalam desain yang mencakup tata masa bangunan, layout ruang, lansekap, fasilitas dan bentuk yang didasarkan dengan konsep yang memancing sensor siswa dan lingkungan yang bernuansa Islami. Konsep yang diterapkan mengadopsi dari ajaran Islam dalam Al-Quran dan Hadist, sistem pendidikan Islam yang di gunakan di SLB Islam Qothrunnada, standar yang sudah ditetapkan dan konsep-konsep taman sensori sehingga siswa dapat dengan mudah berdaptasi terhadap lingkungan sekolahnya.
Collections
- Architecture [3658]