i PENGARUH ORIENTASI PASAR RESPONSIF DAN PROAKTIF TERHADAP INOVASI PRODUK DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada UMKM Bidang Kuliner di D.I. Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Orientasi Pasar Responsif dan Proaktif terhadap Inovasi Produk dan Kinerja Perusahaan. Dalam penelitian ini populasinya adalah usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Bidang Kuliner di D.I. Yogyakarta. Populasi ini dipilih karena memiliki peranan penting dalam perekonomian di Indonesia dikarenakan telah mampu membuktikan eksistensinya dalam perekonomian di Indonesia. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 responden. Dengan menggunakan teknik convenience sampling, yaitu peneliti memiliki kebebasan untuk memilih UMKM bidang kuliner mana saja yang ditemukan di sekitar D.I. Yogyakarta untuk dijadikan responden. Dalam hal ini jalur yang digunakan untuk mendistribusikan kuesioner tersebut, adalah menggunakan hard copy. Dari data mentah ini kemudian dipilih dan disaring untuk memperoleh data yang berkualitas. Dari hasil penelitian ini, menemukan bahwa ada hubungan yang positif antra orientasi pasar responsif terhadap kinerja inovasi produk, orientasi pasar proaktif terhadap kinerja inovasi produk, kinerja inovasi produk terhadap kinerja pasar perusahaan, serta kinerja pasar perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Temuan pada penelitian ini memberikan informasi mengenai orientasi pasar yang diadopsi oleh para pelaku usaha atau perusahaan dapat mempengaruhi kinerja inovasi produk baru di pasar sehingga meninkatkan kinerja pasar perusahaan yang kemudian berpengaruh kepada kinerja keuangan perusahaan.
Collections
- Management [4527]