Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Kembali E-Commerce dengan Pendekatan Model Kesuksesan Sistem Informasi
Abstract
Sistem Informasi saat ini sangat penting bagi perusahaa dalam menjalankan keberlangsungan bisnisnya sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat. Banyak perusahaan menginvesatasikan modalnya yang besar untuk sistem informasi agar mereka dapat menjalankan bisnisnya dengan teknologi yang dapat berpengaruh kedalam kesusksesan bisnisnya. Hubungan dalam menjalankan bisnis secara gelobal dengan system informasi adalah tidak lepas dari hadirnya teknologi internet sebagai tren komunikasi didunia internasional yang dapat mengurangi biaya oprasional dan transaksi bisnis. Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai e-commerce. Dengan adanya peningkatan para pengguna e-commerce di Indoensia melatar belakangi munculnya berbagai perusahaan online shopping untuk memasarkan produk atau jasa secara online. Dengan adanya e-commerce prusahaan dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga dalam menjalankan bisnisnya karena dengan menggunakan e-commerce perushaan tidak perlu membuka toko fisik untuk menjual produknya dan juga dapat mengirimkan informasi, promosi produk serta berteransaksi dengan konsumen tanpa bertemu langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi niat menggunakan kembali e-commerce. Sampel yang digunakan pada penleitian ini adalah sejumlah 240 responden yang merupakan pengguna e-commerce. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM (Structural Equation Modelling) yang dioperasikan melalui program AMOS (Analysist of Moment Structure).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas informasi terhadap persepsi nilai pada pengguna e-commerce, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas sistem terhadap persepsi nilai pada pengguna e-commerce, 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap persepsi nilai pada pengguna e-commerce, 4) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas informasi terhadap kepuasan pada pengguna e-commerce, 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas sistem terhadap kepuasan pada pengguna e-commerce, 6) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan pada pengguna e-commerce, 7) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel persepsi nilai terhadap kepuasan pengguna pada e-commerce, 8) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel persepsi nilai terhadap niat menggunakan kembali e-commerce dan 9) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kepuasan terhadap niat menggunakan kembali e-commerce.
Collections
- Management [4527]