Pengaruh Electronic Word of Mouth pada Situs Web/ Aplikasi Booking Hotel terhadap Citra Merk dan Minat Beli Hotel
Abstract
Pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi internet masa ini semakin meningkat. Hal ini menjadikan para konsumen lebih kritis dalam melakukan aktivitas pemesanan hotel melalui situs web/ aplikasi yang berpengaruh terhadap citra merk dan minat beli. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh electronic Word of Mouth terhadap citra merk dan minat beli hotel melalui situs web/ aplikasi.
Obyek penelitian ini adalah semua situs web/ aplikasi Online Travel Agent yang memiliki fasilitas pemesanan hotel secara online. Responden penelitian ini adalah semua masyarakat Indonesia yang pernah atau tertarik melakukan pemesanan hotel secara online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan jumlah sampel 255 responden dengan teknik non-probability sampling. Alat analisa penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program SmartPLS versi 3.
Hasil penelitian ini adalah gambaran nyata adanya pengaruh electronic Word of Mouth terhadap citra merk dan minat beli pemesanan hotel secara online. Dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa electronic Word of Mouth memiliki efek positif yang signifikan terhadap citra merk dan minat beli.
Keterbatasan penelitian ini antara lain adanya proses subjektif, dikarenakan electronic Word of Mouth, citra merk dan minat beli merupakan konstruksi yang dirasakan per individu. Selain itu penelitian ini hanya dilakukan satu kali dengan satu individu yang berbeda, sehingga ada kemungkinan konsumen menjawab berdasarkan hasil evaluasi terakhir mereka dalam aktivitas pemesanan hotel bukan berdasarkan persepsi mereka secara keseluruhan.
Collections
- Management [4545]