PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MARK THE BARBER DI YOGYAKARTA
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan industry kreatif yang telah berkembang cukup pesat, salah satunya adalah tumbuhnya bisnis barbershop di Kota Yogyakarta. Meluasnya keberadaan barbershop ditunjang dengan banyaknya animo dari pasar akan permintaan tersebut. Untuk mengatasi persaingan, masing-masing perusahaan telah mengantisipasi dengan meningkakan kualitas pelayanan, fasilitas dan kebijakan harga. Penelitian empiris ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Mark The Barber. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa potong rambu Mark the Barber. Sample yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan Purposive Sampling yaitu pelanggan yang minimal telah menggunakan jasa 2 kali dalam setahun terahir. Variabel data yang digunakan untuk analisis adalah kualitas pelayanan, fasilitas, harga dan kepuasan pelanggan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda
Hasil penelitian menemukan bahwa 1) kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Mark The Barber, 2) Fasilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa Mark The Barber dan 3). Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Kepuasan pelanggan pada jasa Mark The Barber.
Collections
- Management [4703]