Analisis Kinerja Keuangan PT.Indofood Sukses Makmur Tbk, Sebelum Dan Sesudah Melakukan Akuisisi Terhadap Enam Anak Perusahaan PT. Salim Group
Abstract
Pada akhir dekade tahun 1980-an, tercatat dalam sejarah bisnis sebagai
aktivitas tertinggi dalam hal merger dan akuisisi, akuisisi merupakan pilihan
altematif yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam
rangka pengembangan ekstemal perusahaan, karena alasan biaya yang relatif lebih
murah, resiko kegagalan lebih rendah serta waktu yang lebih cepat dibandingkan
dengan membangun perusahaan baru. Selain itu pula sinergi merupakan salah satu
faktor utama dalam melakukan akuisisi. Dengan melakukan akuisisi perusahaan
mengharapkan pertumbuhan dalam jangka panjang serta dapat memasuki lini
usahabaru.
Dalam upaya untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu tercapainya
pertumbuhan dalam jangka panjang dengan memasuki lini usaha baru, yaitu hasil
olahan minyak kelapa sawit, yang berupa minyak goreng dan produk rurunan
lainnya, maka PT.Indofood Sukses Makmur Tbk, mengakuisisi enam anak
perusahaan PT.Salim Group. Pengakuisisian ini dilakukan dengan cara membeli
80% saham enam anak perusahaan PT.Salim Group.
Akuisisi yang dilakukan oleh PT.Indofood Sukses Makmur Tbk, terhadap
enam anak perusahaan PT.Salim Group termasuk dalam akuisisi vertikal karena
dilakukan antar perusahaan pada bidang industri sejenis tetapi berbeda pada
proses produksinya.
Collections
- Management [4703]