Analisis Sikap Nasabah terhadap Mutu Pelayanan pada Bank Danamon Cabang Kaliurang Jogjakarta
Abstract
Analisis Sikap Terhadap Mutu Pelayanan Pada Bank Danamon Cabang Kaliurang
Jogjakarta
Dewasa ini peranan bank sudah tidak dapat lagi dipisahkan dari kehidupan
masyarakat. Pada hakekatnya bank merupakan lembaga yang menjalankan
usahanya dibidang jasa. Dalam menjalankan usahanya, bank perlu mengadakan
kegiatan pemasaran yang berorientasi pada konsumen , dalam hal ini nasabah.
Untuk tujuan tersebut maka Bank Danamon cabang Kaliurang Jogjakarta perlu
mengetahui sikap nasabah terhadap mutu pelayanan yang diberikan padanasabah.
Teori yang digunakan untuk mengetahui sikap nasabah terhadap mutu
pelayanan adalah Model Sikap Fishbein. Dalam penelitian ini atribut atribut
pelayanan yang diukur menurut Parasuraman adalah tangible, reliability,
responsiveness, assurance, dan emphaty . Sedangkan karakteristik nasabah
meliputi pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Dalam
penelitian survey, informasi yang dikumpulkan dari responden dengan
menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif
dan analisis kuantitatif. Sedangkan dalam analisis kuantitatif menggunakan
Fishbein's Attitude Model danAnalisis Chi Square.
Hasil yang diperoleh adalah sikap nasabah terhadap mutu pelayanan pada
Bank Danamon cabang Kaliurang Jogjakarta pada umumnya positif. Berdasarkan
analisis Chi Square diketahui ada perbedaan sikap pada masing masing pada
karakteristik nasabah terhadap mutu pelayanan Bank Danamon cabang Kaliurang
Jogjakarta.
Collections
- Management [4703]