STRATEGI IESPA (INDONESIA E-SPORTS ASSOCIATION) DALAM MENGKAMPANYEKAN E-SPORTS DI INDONESIA
Abstract
Perkembangan eSports semakin pesat setiap tahunnya, berawal dari kegiatan bermain game saat ini eSports sudah menjadi salah satu pilihan profesi dan juga sudah masuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Di Indonesia eSports saat ini sudah mulai dirasakan kehadirannya dengan semakin banyaknya team – team eSports di Indonesia saat ini, eSports sebagai industri baru dan olahraga baru di Indonesia perlu lebih di sebarluaskan kepada masyarakat umum yang masih belum mengetahui apa itu eSports. IeSPA sebagai organisasi resmi dari pemerintah dibuat untuk meregulasi eSports di Indonesia dan melakukan sosialisasi untuk mengkampanyekan eSports di Indonesia.
Dalam penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui strategi IeSPA dalam mengkampanyekan e-Sports di Indonesia dan mengetahui bagaimana peluang e-Sports di Indonesia
Paradigma penelitian adalah konstruktivisme. Jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, strategi IeSPA dalam mengkampanyekan e-Sports di Indonesia dilakukan dalam beberapa program seperti pembuatan event tingkat nasional dan internasional, melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman tentang e-Sports di sekolah – sekolah dan beberapa kampus di Indonesia. Keunggulan dalam kegiatan IeSPA adalah dengan melakukan kerjasama dengan beberapa media berbasis game sehingga penyampaian informasi yang dilakukan lebih tepat sasaran, dari kegiatan yang sudah dilakukan IeSPA memiliki kelemahan (Weakness) yaitu kurang aktifnya kepengurusan IeSPA daerah yang ada di Indonesia yang berakibat tidak meratanya kegiatan yang dilakukan oleh IeSPA, dan kurang aktifnya website dan media sosial IeSPA dikarenakan IeSPA memiliki kepengurusan yang tidak tetap sehingga media sosial yang dimiliki IeSPA kurang maksimal.
Collections
- Communication [943]